Sabtu, 24 September 2016

1.Pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha bagi kehidupan masyarakat Indonesia
# Sebelum masuknya kebudayaan Hindu-Buddha,masyarakat telah memiliki kebudayaan yang cukup maju.Unsur-unsur kebudayaan asli Indonesia telah tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat Indonesia,bangsa indonesia tidak menerima begitu saja kebudayaan Hindu-Buddha tersebut.

# Proses masuknya pengaruh budaya Hindu-Buddha ke indonesia terjadi melalui jalur perdagangan antara Indonesia-India dan kemudian kebudayaan tersebut mengalami penyesuaian dengan kebudayaan asli yang sudah ada di indonesia sebelumnya.

# Beberapa peninggalan dan pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha dapat dilihat dalam beberapa bidang,seperti:

A.Bidang Keagamaan
# Sebelum kebudayaan Hindu-Buddha masuk ke Indonesia,kepercayaan berupa pemujaan terhadap roh nenek moyang sudah berkembang,kepercayaan tersebut dibagi menjadi dua sifat,yaitu : 

-Animisme 
#Animisme merupakan suatu kepercayaan terhadap suatu benda yang dianggap memiliki roh/jiwa.
-Dinamisme  



#Dinamisme merupakan suatu kepercayaan bahwa suatu benda memiliki kekuatan gaib. 
B.Bidang Politik
#Sistem pemerintahan dalam kebudayaan Hindu-Buddha adalah sistem kerajaan,sistem ini dikenalkan oleh orang-orang India,kelompok kelompok masyarakat kecil bersatu dan memiliki daerah kepemilikan yang luas,sedangkan pemimpin dari kerajaan akan diduduki/dikuasai oleh kepala suku terkuat,beberapa contoh kerajaan nya di Indonesia antara lain,Kutai,Tarumanegara,Sriwijaya,dan lainnya.
C.Bidang Sosial
#Masuknya kebudayaan Hindu menjadikan masyarakat indonesia mengenal aturan kasta,yaitu
   
-Kasta Brahmana,yaitu kaum pendeta dan para sarjana
-Kasta Ksatria,yaitu para prajurit,pejabat,dan bangsawan 
-Kasta Waisya,yaitu para pedagang,petani,pemilik tanah dan prajurit
-Kasta Sudra,yaitu rakyat jelata,dan pekerja kasar
-Terakhir adalah orang-orang yang tidak tergolong dalam kasta

#Namun sistem kasta tersebut tidak seluruhnya diterapkan di Indonesia,hal ini karena budaya indonesia yang lama masih tampak dominan dalam segala lapisan masyarakatnya. 

 D.Bidang Pendidikan
 #Lembaga-lembaga pendidikan semacam asrama,ataupun pesantren merupakan salah satu pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha dalam bidang pendidikan,dimana lembaga pendidikan tersebut berfokus pada satu bidang kajian yaitu Keagamaan

E.Bidang sastra dan bahasa
#Pengaruh Hindu-Buddha pada bahasa salah satunya digunakannya bahasa Sansekerta dan aksara huruf Pallawa.
Aksara Pallawa
Bahasa Sansekerta
#Seni sastra sangat berkembang terutama pada zaman kejayaan kerajaan kediri   

F.Bidang arsitektur 
#beberapa contoh pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha pada bidang arsitektur di Indonesia salah satunya terdapat pada candi candi yang tersebar di beberapa daerah di indonesia,seperti Candi Borobudur,Candi Prambanan,Candi Roro Jonggrang,dan lainnya.
Candi Borobudur  
#begitu pula dengan fungsinya,candi bukan hanya sebagai tempat untuk memuja dewa-dewa seperti di India,melainkan sebagai tempat bagi rakyat dengan nenek moyangnya,wisata rohani,maupun wisata sejarah dan rekreasi.
 
2.Pengaruh kebudayaan Islam bagi kehidupan masyarakat di Indonesia
 #Masuknya Islam ke Indonesia berpengaruh besar pada masyarakat di indonesia,dan hingga kini kebudayaan islam terus berkembang,beberapa pengaruhnya dapat dilihat dalam bidang bidang berikut.
 
A.Bidang Politik
#Sebelum masuknya Islam ke Indonesia sudah berdiri kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha,tetapi dengan masuknya kebudayaan Islam kerajaan-kerajaan hindu buddha mulai mengalami keruntuhan dan digantikan oleh kerajaan kerajaan bercorak Islam.
#Sistem pemerintahan Islam,rajanya bergelar sultan,ataupun sunan seperti halnya para wali.
Wali Sembilan 
 
B.Bidang Sosial 
#Dalam kebudayaan Islam sistem kasta tidak ada,karena itu banyak masyarakat indonesia mulai memeluk agama islam,dan perlahan sistem kasta mulai pudar di kalangan masyarakat Indonesia
 
C.Bidang Pendidikan 
Suasana di Pondok Pesantren
#Contoh dari kebudayaan islam dalam pendidikan adalah Pondok Pesantren,Pesantren adalah sebuah asrama tradisional Islam,dimana siswa tinggal bersama untuk belajar dibawah naungan dari guru/kyai.Asrama siswa berada di dalam kompleks pesantren,begitu juga dengan Kyainya.

D.Bidang sastra dan Bahasa
#Persebaran sastra dan bahasa Arab lebih cepat dibandingkan Hindu-Buddha,hal ini dikarenakan tidak adanya sistem kasta,sehingga seluruh masyarakat dapat mempelajari Bahasa dan Sastra Arab.
contoh dari Bahasa dan Sastra Arab







 E.Bidang Arsitektur dan Kesenian
#Islam telah memperkenalkan tradisi baru dalam bidang arsitektur seperti Mesjid dan Istana,namun ada perbedaan antara mesjid di timur tengah dengan mesjid yang terdapat di Indonesia,salah satunya bentuk dari kubah,dimana mesjid di indonesia tidak memiliki kubah pada puncak bangunannya,melainkan atap tumpang atau atap bersusun.contohnya adalah mesjid Demak.
 
Mesjid Demak (Indonesia)

Masjid al-aqsa (timur tengah)










#Tidak hanya dalam Arsitektur,kebudayaan islam juga berpengaruh dalam bidang kesenian,contohnya seni kaligrafi,kaligrafi adalah seni menulis aksara indah dari sebuah kata ataupun kalimat.Kaligrafi ada yang berbentuk hewan ataupun manusia (siluetnya),Biasanya kaligrafi sering dikutip dari ayat-ayat yang ada dalam alqur'an,sedangkan media kaligarafi umumnya nisan makam,dinding masjid,mihrab,kain tenun,kayu,kertas dan sebagainya.
Kaligrafi berbentuk Hewan
Kaligrafi pada Tenunan

3.Pengaruh Kebudayaan Modern bagi kehidupan masyarakat di Indonesia
 
A.Pola hidup remaja Indonesia yang mulai kebarat-baratan 
 
 Pada era Globalisasi seperti ini remaja-remaja Indonesia hampir seluruhnya terpengaruh oleh budaya luar. Masuknya budaya asing ke Indonesia membawa dampak negatif dan positif bagi remaja Indonesia. Mulai dari cara berpakaian sampai cara bergaul mereka yang terlalu bebas yang di adopsi remaja Indonesia menyebabkan banyak sekali penyimpangan norma di Indonesia.

B.Konsumsi makanan ala Barat (western)
 
Contoh lainnya jenis-jenis makanan yang para remaja konsumsi saat ini juga mulai terpengaruh budaya luar. Masyarakat sekarang lebih memilih makanan-makanan barat layaknya seperti burger, pizza dan masih banyak yang lainya. Remaja Indonesia menganggap makanan tersebut bersih, modern dan praktis. Tanpa disadari makanan-makanan tersebut juga telah menjadi menu keseharian dalam kehidupan kita. Hal ini menyebabkan makin langkanya makanan-makanan tradisional yang berasal dari daerah.
 
C.Fashion/Penampilan ala Barat/Western 
 
Penampilan orang asing yang berambut pirang, bola mata yang berwarna-warni, lekuk tubuh serta raut wajah yang nyaris sempurna akibat operasi hal tersebut merupakan hal-hal yang dimiliki oleh orang asing. Justru remaja Indonesia melihatnya berbeda, mereka menganggap bahwa itu semua sebagai suatu keindahan dan orang Indonesia meniru itu semua tanpa memikirkan dampaknya.

Adakah dampak positif dari kebudayaan terserbut?
Namun selain dampak negatif masuknya budaya asing ke Indonesia ada pula yang dilihat dari sisipositif, yaitu teknolgi yang dimiliki oleh orang asing lebih maju dari pada orang Indonesia. Mereka memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih maju dari bangsa ini. Indonesia memang punya keanekaragaman alam yang sangat indah, jadi tak jarang jika turis asing berdatangan ke Indonesia. Tapi, justru remaja-remaja kita tak banyak yang menyadarinya. Pengaruh budaya asing lainnya yang bersifat positif adalah budaya baca tulis yang mulai diterapkan pada masyarakat di segala lapisan sosial.
 
Mengapa masyarakat lebih memilih budaya barat?
Seiring berkembangnya zaman, menimbulkan perubahan pola hidup masyarakat yang lebih modern. Akibatnya, masyarakat lebih memilih kebudayaan baru yang mungkin dinilai lebih praktis dibandingkan dengan budaya lokal. Perubahan dirasakan oleh hampir semua manusia dalam masyarakat Indonesia. Perubahan itu dapat terjadi di berbagai aspek kehidupan, seperti peralatan dan perlengkapan hidup, mata pencaharian, sistem kemasyarakatan, bahasa, kesenian, sistem pengetahuan, serta religi atau keyakinan. Hal tersebut diakibatkan kurangnya kesadaran bagi remaja-remaja Indonesia terhadap budayanya sendiri. Minimnya komunikasi budaya, kurangnya pembelajaran tentang budaya Indonesia juga termasuk alasan mengapa remaja Indonesia saat ini lebih memilih ajaran budaya luar.
~Thanks for read this blog~


Daftar Pustaka
1. Kamil,Hasan."Indonesia dengan gaya kebarat-baratannya".18 April 2016http://rubik.okezone.com/read/30425/indonesia-dengan-gaya-kebarat-baratannya
2. Depdikbud. 2014. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Depdikbud




























 
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

  • Blogger news

  • Blogroll

  • About