Jumat, 13 April 2018

TUGAS RISET OPERASI : TEORI ANTRIAN

Posted by Jericho Hutabarat On April 13, 2018

sumber : google

  • Antrian adalah suatu kejadian yang biasa terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari,seperti menunggu didepan loket untuk mendapatkan tiket bioskop,mengantri di gerbang tol,mengantri pada kasir supermarket dan banyak lagi lainnya
  • Secara umum sistem antrian terbagi kedalam tiga komponen yaitu :

  1. Populasi dan cara kedatangan pelanggan ke dalam sistem
  2. Sistem pelayanan
  3. Kondisi pelanggan saat keluar sistem

sumber : google\
  • Berikut ini adalah beberapa contoh dan jenis sistem antrian yang umum terjadi di sekitar kita
1.Single channel - Single phase : Satu jalur pelayanan, dan satu fasilitas pelayanan.Jenis sistem antrian ini banyak terdapat di sekitar kita,biasanya dalam situasi informal.contoh : antrian kasir minimarket,antrian nasi uduk,antrian tap-gate kereta api commuter,dan lain-lain.
contoh : -antrian fotocopy sakura
              
sumber : pribadi
channel: meja depan
fase : pelayanan berdasarkan kebutuhan (fotocopy,print,dll)

              -antrian kasir alfamart kalibata
        
sumber : pribadi
channel : Meja kasir alfamart
fase : pelayanan pembayaran belanja,pulsa,tagihan rumah tangga,pembayaran tiket,dll
 2.Single channel - Multi phase : satu jalur pelayanan, banyak fasilitas pelayanan.biasanya terdapat pada tempat cuci mobil,antrian drive-thru McD,dan lain-lain.

          -antrian Drive-thru Mcd
\sumber : Mcd official website
channel : Jalur drive thru McD
fase : 1.Pelanggan masuk jalur drive-thru
2.Pelanggan memesan makanan di pos bertuliskan "pesan disini"
3.Pelanggan membayar total biaya pesanan pada pos "bayar disini"
4.Pelanggan mengambil pesanan pada pos "ambil disini"
          -antrian samsat drive-thru
sumber : google
channel : jalur drive thru samsat
fase : 1.pelanggan menyerahkan ktp dan stnk yang ingin diurus
2.petugas melakukan verifikasi dan memberikan slip kepada pembayaran
3.pelanggan melakukan pembayaran sesuai jumlah yang tertera pada slip
4.pelanggan menuju pos berikutnya untuk mengambil stnk baru.
3.Multi channel - Single Phase : Banyak jalur pelayanan,dan satu fasilitas pelayanan,umumnya sistem antrian ini digunakan di bank.
  
  -antrian teller mandiri
sumber : Tribun Batam
channel : loket yang tersedia 3 atau lebih
phase : pelayanan transaksi oleh customer service bank
   -antrian pegadaian
Sumber : google
channel : loket yang tersedia sebanyak 3 atau lebih pada pegadaian
phase : pelayanan oleh customer service 

4.Multi channel - Multi Phase : banyak jalur pelayanan,dan banyak fase pula.Biasanya digunakan untuk menampung banyak orang dan banyak kegiatan didalamnya yang dijadikan menjadi satu.contohnya pengurusan krs,antrian rumah sakit,pendaftaran mahasiswa baru,dll.Multi channel multi phase umumnya digunakan di rumah sakit yang melakukan pelayanan terhadap pasien BPJS.

   -antrian rumah sakit

sumber : google
channel : loket loket yang tersedia di rumah sakit
phase : 1.pasien mengambil nomor antrian
2.pasien didaftarkan oleh petugas
3.pasien di cek tekanan darah
4.pasien menunggu antrian
5.pasien dipanggil untuk dilakukan pemeriksaan
6.bila ada obat/kegiatan tambhan pasien menunggu untuk dipanggil di loket farmasi atau loket lainnya
   -antrian pengisian krs gunadarma
sumber : Pribadi

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

  • Blogger news

  • Blogroll

  • About